Maturity


Senja itu..
Aku membuka salah satu dari sekian banyak buku-buku kehidupanku..
Disana tertulis..
"kedewasaan"..

Kedewasaan bukan saat aku sama sekali tidak merasa takut..
tapi saat aku bisa mengatasi rasa takut..

Kedewasaan bukan saat aku melakukan hal dengan sempurna..
tapi saat aku bisa melakukan sesuatu lebih baik dari hari kemarin..

Kedewasaan bukan saat aku tidak pernah menangis..
tapi saat aku bisa mengeringkan air mataku dan bangkit kembali..

Kedewasaan bukan saat aku sudah mencapai gelar tertentu..
tapi saat aku tidak pernah berhenti belajar..

Kedewasaan bukan saat aku mempunyai kebebasan..
tapi saat aku bisa bertanggung jawab dengan kebebasan..

Kedewasaan bukan saat umurku bertambah..
tapi saat kebijaksanaanku bertambah..

Kedewasaan bukan saat penghasilanku meningkat..
tapi saat aku bisa memberi lebih banyak..

Kedewasaan bukan saat aku bisa memerintah..
tapi saat aku bisa memimpin..

Kedewasaan bukan saat aku mengucapkan janji..
tapi saat aku menepatinya..

dan..
pada akhirnya..
aku belajar..

Kedewasaan bukan tujuan akhir..
tapi suatu proses..
yang menjadikan kita kaya dalam kehidupan..

Share:

0 comments