It Is Finished!


Apa itu kasih karunia? "Sesuatu yang tidak layak kita terima, tapi kita menerimanya"..

Ya, itu adalah sepenggal dari pelajaran agama disekolahku sewaktu aku masih SMU. Hafalan itu masih saja terngiang hingga saat ini. Waktu itu aku belum benar-benar paham maksudnya. Ya, aku mengerti kalo Tuhan mati untuk menebus dosaku, tapi aku hanya mengerti sampai disitu saja..

dan.. Tuhan sangat baik dalam kehidupanku. Pemahaman demi pemahaman Dia berikan melalui apa yang aku dengar, apa yang aku rasakan bahkan alami sendiri. Semakin aku mengerti, semakin aku menyadari siapa diriku dimataNya.. dan ini mengubah cara pandangku terhadap diriku sendiri. Aku berharga dan seharga darahNya.. Itu merupakan pemberian yang tak ternilai.

...yang aku pahami saat ini adalah "kasih karunia" bukanlah sebuah topik, yang kita dengar digereja atau yang kita pelajari di sekolah mungkin..; "kasih karunia" itu adalah tentang suatu pribadi dan "kasih karunia" itu adalah YESUS sendiri.

"Why I hate religion but love Jesus".. video ini mulai dikenal di youtube beberapa minggu ini dan banyak banget comment yang masuk, baik yang pro, maupun kontra.. terlepas dari itu semua, comment-comment mereka terutama yang kontra membuatku tersenyum. Mereka seakan marah kalo YESUS dan agama itu bertolak belakang... mereka mengatakan kalo ini adalah ajaran sesat.

Tapi sebenarnya memang begitulah. Yesus dan agama memang sangat bertolak belakang. Mengapa? karena agama itu fokus pada apa yang harus kita lakukan, sedangkan "kasih karunia" adalah tentang apa yang Yesus sudah lakukan.

Agama adalah saat kita mencari Tuhan, sedangkan "kasih karunia" adalah saat Tuhan mencari kita.

Kekeristenan itu pada dasarnya tentang kehidupan, bukan tentang agama.. dan tentu saja kehidupan yang dibangun dalam suatu hubungan. Tuhan lebih tertarik dengan kita daripada dengan apa yang sudah kita lakukan.. Mengapa? karena saat hubungan kita dengan Tuhan dekat, kita secara otomatis akan berbuah. Tidak ada buah yang keluar karena dipaksakan, buah tumbuh dengan lebat karena punya akar yang kuat.

Sekaran pilihan ada ditangan kita.. Apa yang mau kita pilih? Agama? atau Kasih Karunia?

Percayalah, tujuan utama Yesus mati adalah supaya kita bisa connect kembali kepadaNya.. dan itu artinya sudah tidak ada lagi penghukuman untuk kita. IT IS FINISHED!


Share:

0 comments