Being a Mom..


Tiba-tiba teringat kejadian belum lama ini.. Malam itu aku memutuskan untuk ke Gramedia dan membeli beberapa keperluan untuk membuat agenda tahunan kursus musik..

Seperti suasana toko buku pada umumnya, dipenuhi orang yang lalu lalang.. ada yang sibuk membaca, ada yang berusaha mencari buku yang dia inginkan, sementara itu anak-anak berlari kesana kemari mencari buku kesukaannya dan aku sedang antri di kasir.

Suasana cukup hening, hanya beberapa orang mengantri di beberapa spot kasir. Sampai aku melihat ada seorang ibu dan anak yang sedang duduk di "customer service" menanyakan buku pesanannya barang kali. Awalnya tidak ada yang menarik perhatianku sampai suara ibu itu membuat semua orang yang berdiri tak jauh dari situ menoleh..

Percakapan antara ibu dan anak itu masih terus terngiang ditelingaku.. Disana duduk seorang anak laki-laki remaja. Kurang lebih seperti ini perkatannya:

"Kamu udah SMP masih aja gak bisa dibilangin, dikerasin gak bisa, dibaikin gak bisa.. dasar idiot kamu!! mau minta ditampar?"

Saat itu si anak cuma menunduk dan menghapus air matanya, sekelebat tatapan itu, tatapan sayup dan juga malu terpancar dimatanya.

Aku cuma heran, apakah tidak ada cara lain untuk mendidik anak, selain mempermalukannya didepan orang banyak? Apa seperti itu adalah cara terbaik?

Kalau menurutku, itu sangat tidak mendidik!! Ibu itu berpikir, dengan mempermalukannya, itu akan membuat si anak kapok.. tapi sang ibu tidak menyadari kalau setiap anak juga punya hati dan perlakukan apapun yang orang tua lakukan akan terekam di memorinya sampai ia dewasa.. dan akibatnya, si anak bisa saja dikemudian hari membalas perlakuan ibunya bahkan kemungkinan di keluarganya kelak..

Dari sini aku belajar banyak sih.. walau aku belum berkeluarga dan apalagi menjadi seorang ibu..
Seorang ibu yang bijak adalah seorang ibu yang menegur anak-anaknya dengan kasih yang artinya bicara dari hati  ke hati dan bukannya mempermalukan seorang anak di depan umum, dan.. seorang ibu yang bijak adalah seorang ibu yang bisa menjadi sahabat untuk anak-anaknya.. 

Share:

0 comments