Dream


Apa cita-citamu?
"Aku mau jadi dokter"
"Aku mau jadi chef"
"Aku mau jadi artis"
"Aku mau jadi designer baju"
"Aku mau jadi arsitek"
"Aku mau jadi dokter"
"Aku mau jadi pilot"
"Aku mau jadi pemain sepak bola"
"Aku mau jadi penyanyi"..

Yepz, itu adalah sebagian cuplikan cita-cita anak sekolah minggu tempat aku mengajar. Membaca cita-cita mereka membuatku tersenyum, karena cita-cita itu langsung terlontar begitu saja, tanpa pikir panjang, tanpa basa basi. Seakan-akan mereka berkata "tidak ada yang tidak dapat aku lakukan"..

Bagaimana dengan kita?
"Apa cita-citamu? apa visimu dalam kehidupan? Apa passionmu?"

Pertanyaan ini sempat terlintas dipikiranku saat aku masih dibangku SMU.. dan jujur saja waktu itu aku cuma bisa diam. bengong.. dan gak tau tujuan hidupku.. padahal aku ingat benar, aku seperti anak-anak itu waktu aku masih kecil, yang spontan, mempunyai mimpi besar dan berani mengambil resiko..

Berapa banyak dari kita yang saat ini memiliki impian yang besar? atau sudah habiskah semangatmu? Melihat realita yang ada, gak banyak dari kita yang terus menghidupi impian-impian kecil kita.. Semakin kita besar, kita semakin belajar apa yang dunia katakan..
"Itu terlalu sulit"
"Itu terlalu besar"
"Itu mustahil"
"Impian apa itu?"

Semakin kita membuka telinga kita dan mengizinkan kata-kata itu yang terus berputar-putar dalam benak kita, semakin kita yakin untuk mengubur semua impian kita..

Sekarang yang menjadi pertanyaannya, apa kita puas menjalankan kehidupan tanpa visi-visi itu? tanpa mimpi-mimpi itu? kalo bagiku, tanpa passion dan mimpi, hidup tuh kayak gak ada artinya.. menjalani rutinitas demi rutinitas.. memang semua berjalan "smooth".. tapi pada suatu titik kejenuhan itu pasti selalu ada.. dan saat kejenuhan itu ada, kita butuh yang namanya "Mimpi" yang membuat kita untuk terus bertahan, untuk terus maju..

Semakin kita merasa mimpi itu terlalu besar, seharusnya kita semakin yakin kalau itu "mimpi" yang Tuhan tempatkan dalam hidup kita.. mengapa?

Karena Tuhan kita adalah Tuhan yang besar, dan Tuhan tidak pernah memberi kita mimpi yang kecil.

"God gives us dreams a size too big so that we can grow in them. "~ Unknown

"tapi Tuhan.. aku gak punya apa-apa, aku gak tau harus mulai dari mana?"

ingat, Tuhan gak pernah meminta apa yang tidak kita miliki, Tuhan hanya meminta apa yang ada padamu..

"tanganku?"
"kakiku?"
"hatiku?"
"mataku?"

Ya,
Tuhan hanya meminta tanganmu untuk terus berusaha dan tidak pernah menyerah..
Tuhan hanya meminta kakimu untuk terus melangkah, meski batu-batu itu terus menghalangi langkahmu..
Tuhan hanya meminta hatimu untuk terus berharap padaNya dan mengandalkanNya..
Tuhan hanya meminta matamu untuk melihat melalui cara Tuhan memandang dirimu..

Sekarang, aku cuma minta dari kita untuk bepikir lagi..
Apa mimpi kita sewaktu kita kecil..
Mimpi-mimpi apa yang sudah lama terkubur dan kita tutup rapat-rapat..

Aku yakin seyakin-yakinnya.. Kalau Tuhan sanggup menghidupi mimpi yang ada dihatiku, Tuhan juga sanggup menghidupi mimpi-mimpimu..

"The only thing that will stop you from fulfilling your dreams is you." ~ Tom Bradley

Share:

0 comments