Pasangan Hidup


Hei.. Ada berapa banyak dari kita yang menginginkan pasangan hidup? Aku berani jamin, pasti semua dari kita menginginkannya.. Dan itu sama sekali tidak salah.. Namun tanpa kita sadari,.. seringkali, cara kitalah yang salah..

Aku banyak sekali melihat orang-orang yang berusaha keras untuk menarik perhatian lawan jenis.. Bahkan sebegitu kerasnya sampai-sampai mereka lupa sama diri mereka sendiri.. Mereka sibuk memperbaiki apa yang nampak diluar, tanpa mengisi apa yang ada didalam.. Hasilnya? Hanya kesia-siaan.. Dan pada akhirnya yang ada hanya kekecewaan..

Aku suka satu statement dari temanku.. Suatu hari dia pernah bilang seperti ini "GW suka sama DIRI GW SENDIRI. Kalo ada gw versi cewe, akan segera gw pacarin. Ga perlu nunggu apapun."..

Pertama kali aku baca statement itu, aku cuma senyum sambil lalu.. and that's it..!! Tapi waktu dia mengucapkan yang kedua kalinya.. Sesuatu dalam diriku seperti melonjak kegirangan..

Aku melihat sesuatu yang selama ini tidak kusadari..

Dan.. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya bukanlah, "siapa yang mau menikah denganku?" Tapi maukah seandainya kita menikah dengan diri kita sendiri, versi lawan jenisnya?

Kalau kita bilang tentu saja TIDAK.. Tunggu dulu..

Hei, kalau diri kita sendiri aja tidak suka dengan pribadi kita sendiri, bagaimana orang lain bisa menyukai kita?

Kalau kalian bilang..,

"Aku tuh pemarah, aku butuh pasangan yang sabar supaya dia bisa mengerti aku"..
"Aku orangnya suka nunda-nunda pekerjaan, aku butuh pasangan yang bisa kasih semangat, biar aku jadi rajin"..
Atau..
"Aku kesepian.. Aku butuh seseorang yang bisa nemenin aku.."
"Sendirian? Ngak banget deh.. Temen-temenku uda punya pacar semua.."

Hei..
Stop it!..


Kalau kita pemarah.. Ya belajarlah untuk lebih bersabar dan berpikir lebih bijak..

Kalau kita suka nunda-nunda pekerjaan, mulai dari sekarang belajar untuk menyelesaikannya tepat waktu.. Beli agenda, buat daftar pekerjaan..

Mau semangat? Pikirkanlah apa yang kau lakukan semuanya untuk Tuhan, bukan untuk dirimu sendiri..

Kesepian? Satu-satunya orang yang kesepian adalah orang yang hidup bagi dirinya sendiri.. Mencintai diri sendiri berbeda dengan egois ya..

Lalu.. Emang kenapa kalau yang lain udah punya pasangan dan kita belum? Nikmatilah masa-masa ini.. Masa dimana kita bisa bener-bener fokus mengejar apa yang Tuhan mau dalam hidup kita..

Intinya.. Start with yourself.. Inilah yang dinamakan "being single"..

Menjadi single itu bukan berarti kita tidak boleh mempunyai pasangan, tapi saat kita bisa mencintai diri kita sendiri.. Kita sibuk untuk memperbaiki diri, bukan supaya dapet pasangan, tapi karena kita memang mencintai kehidupan yang sudah Dia berikan dan tidak mau menyia-nyiakannya.. Memberi lebih, belajar lebih, mengasihi lebih..

Dan pada waktunya nanti, aku yakin.. Tuhan akan mempertemukan kita dengan pasangan yang tepat.. Pasangan yang sudah terlebih dahulu mencintai dirinya sendiri.. Pasangan yang juga "single".. Bagaimana mungkin kita bisa mencintai orang lain, kalo kita tidak mencintai diri kita sendiri..?

Jadi..

Hargailah hidupmu.. Naikkan kualitasmu.. Saat kau sedang sibuk menaikan kualitasmu dan fokus pada tujuan yang sudah Dia tempatkan dalam hidupmu.. Dan dalam perjalananmu, ada orang lain yang menuju ke arah yang sama.., berlari disampingmu.. Dialah pasangan hidupmu..

*PS: special thanks to Yoshua Yasmin Sugandhi for the "statement"..

Share:

2 comments